Panduan Merawat Bayi dan membahas semua tentang Bayi

Saturday, July 21, 2018

Penyebab anak sering BAB , normalkah

Penyebab anak sering BAB - Pola buang air besar pada bayi memang jauh lebih sering dibandingkan orang dewasa. Hal tersebut sesuatu yang normal apalagi pada bayi yang mendapatkan ASI eksklusif sejak lahirkan. Pola buang air besar pada bayi yang mendapatkan ASI bisa mencapai 10 kali perharinya. Namun umumnya BAB yang dihasilkan sedikit teksturnya juga encer.

Penyebab anak sering BAB , penyebab sering bab pada anak, anak sering bab setelah makan

Penyebab anak sering BAB 

Kondisi bayi yang begitu sering buang air besar terjadi karena pengaruh fisiologis bayi yang membutuhkan namanya ekskresi bilirubin dari. Bilirubin merupakan suatu zat limbah yang bisa diperoleh dari proses daur ulang sel darah merah yang telah usang. Zat Bilirubin harus dibuang, biasanya melalui tinja dan air seni bayi agar tidak mengganggu proses pertumbuhan dna perkembangi.

Disarankan untuk menggunakan popok yang memiliki daya serap tinggi agar tidak harus terus mengganti popok dikarenakan BAB bayi. Ibu harus rajin membersihkan sisa kotoran pada popok dan anus bayi agar tetap terjaga kelembabapannya. Kulit bayi cenderung sensitive sehingga lebih rentan terhadap infeksi bakteri dan jamur. Apabila tidak rajin mengganti popoknya, kulit bayi bisa mengalami ruam dan kulit memerah.

BAB bayi juga sering tergantung pada banyaknya asupan makanan, jikatidak cair polanya di bawah 3 kali /hari maka ini tidak ada masalah. Aktivitas bayi juga mesti diperhatikan. Hal yang harus diwaspadai pada bayi adalah apabila terjadi diare yang merupkan dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh bayi. Secara objektif ini bisa dilihat melalui jumlah BAK yang berkurang tiap harinya.
habis makan sering bab, rasa ingin bab terus

Habis makan sering bab


Pada dasanya semua hal yang terjadi pada bayi itu memiliki fungsi fungsi masing masing, termasuk pada buang air besar yang begitu sering pada, ini berfungsi seperti yang telah di singgungkan diatas yaitu untuk mengeluarkan bilirubin yang terkandung di dalam tubuh bayi ini karena bayi usia 2 hari akan mengalami bilirubin fisiologis dikarenakan sel darahnya pecah. Bilirubin tubuh bayi dikeluarkan melalui feses juga urine bayi.

Baca juga cara mengajar anak membaca dan menulis


Jadi itulah penyebab anak sering buang air besar, umunya adalah karena memang pada masa itu bayi memiliki pola BAB yang demikian apalagi pada bvayi yang mendapatkan asupan ASI rutin

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Penyebab anak sering BAB , normalkah

0 comments:

Post a Comment