Panduan Merawat Bayi dan membahas semua tentang Bayi

Wednesday, October 4, 2017

Hal-Hal yang di anjurkan bayi baru lahir dalam islam

Yang dilakukan saat bayi lahir menurut islam -Bayi baru lahir dalam islam memiliki beberapa anjuran yang harus dilaksanakan oleh kedua orang tuanya, anjuran tersebut memiliki manfaat manfaat tersendiri yang sangat berguna bagi bayi dan juga orang tua bayi. Hak dan kewajiban orang tua pada bayi terangkum dalam sunnah-sunnah Rasulullah SAW. Ada baiknya jika ibu hamil baru bulan pertama sering dibaca surat-surat pendek dan di pedengarkan ke perut ibu hamil dan sering melihat laut dan bukit yang luas agar bayi nantinya pintar dan luas cara berpikirnya.

Adapun beberapa sunnah yang sangat dianjurkan Rasulullah SAW saat menyambut kelahiran bayi secara sunnah atau cara merawat bayi , menyambut kelahiran bayi secara islami, yaitu:
doa ketika anak lahir menurut sunnah,menyambut kelahiran bayi menurut sunnah,menyambut kelahiran bayi secara islami

Yang dilakukan saat bayi lahir menurut islam 

Menyambut kelahiran bayi secara islami

1. Adzan ketika bayi lahir  / Mendengarkan Adzan
Mendengarkan adzan pada bayi yang baru lahir merupakan salah satu sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW ini sesuai hadist baik lelaki dan perempuan :
Barangsiapa yang melahirkan seorang anak, lalu mengumandangkan adzan pada telinga kirinya, maka dia tidak akan dicelakakan oleh Ummu Shibyan.” - HR. Ibnu Sinna
adzan ketika bayi lahir,tata cara mengadzani bayi,menyambut kelahiran bayi perempuan secara islam

adzan ketika bayi lahir


2. Memberikan nama dengan nama yang baik
Memberi nama bayi dengan nama yang baik adalah salah satu yang dianjurkan dalam Islam, bila lelaki dianjurkan untuk menggunakan nama Muhammad di awalnya atau juga di boleh memakai nama-nama Allah SWT yang ada di asmaul husna namun dengan syarat mencamtumkan abdul atau abdullah didepannya.

Nama juga merupakan do’a yang akan menjadi identitas bagi bayi hingga ia dewasa oleh karena itu hal inilah yang membuat sangat dianjurkan memberikan nama terbaik bagi anak.
3. Aqiqah
Aqiqah merupakan salah satu sunnah Rasul yaitu untuk memotong kambing pada hari ke tujuh dari hari lahirnya bayi. Secara bahasa aqiqah berarti pemotongan, adapun jumlah kambing yang dipotong sesuai dengan jenis kelamin bayi. Apabila bayi laki-laki dua ekor untuk kibas atau kambing dan bagi bayi perempuan satu ekor kambing atau kibas, lebih baik kibas karena ia memiliki banyak bulu
4. Mencukur Rambut
Dalam islam bayi yang baru lahir juga dianjurkan untuk mencukur rambut dan bersedekah seberat potongan rambut sesuai dengan sabda Rasulullah SAW berikut :
Dari Ja’far bin Muhammad dari Ayahnya, ia menceritakan : “Fathimah pernah menimbang rambut hasan, husain, Zainab dan Ummu Kaltsum lalu mengeluarkan sedekah perak seberat rambutnya kepada orang-orang miskin.” - HR. Malik
5. Khitan bagi bayi laki laki
Anjuran lain dalam islam bagi bayi yang baru lahir adalah khitan pada bayi laki-laki, khitan merupakan memotong ujung kemaluan pada laki laki. Namu di Indonesia umumnya khitan dilakukan pada saat anak sudah sedikit besar, setidaknya pada masa sekolah dasar

Baca juga Bayi tabung menurut islam 

Itulah beberapa sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah setelah kelahiran bayi, hal ini penting dipahami oleh para orang tua untuk menyiapkan segala sesuatunya agar bisa memberikan hak anak atas sunnah-sunnah dari Rasulullah SAW tersebut.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Hal-Hal yang di anjurkan bayi baru lahir dalam islam

0 comments:

Post a Comment