Panduan Merawat Bayi dan membahas semua tentang Bayi

Monday, February 6, 2017

Cara merawat bayi baru lahir menurut islam

Cara merawat bayi baru lahir menurut islam -Tata cara merawat bayi yang baru lahir menurut islam memang tidak jauh berbeda dalam pandangan standar para ahli dan pakar perawatan bayi, diawali dengan membersihkan sang bayi kemudian dilanjutkan dengan mengucapkan basmalah saat akan menyusui air susu ibu untuk pertama kali, kenapa air susu ibu ? karena air susu ibu mengandung kollostrum,yang sangat di butuhkan oleh bayi.

perawatan bayi baru lahir menurut depkes, memotong kuku bayi baru lahir menurut islam, konsep persalinan dalam pandangan islam, cara merawat bayi baru lahir yang baik dan benar, potong kuku bayi sebelum 40 hari, doa memotong kuku bayi
Perkembangan bayi menurut bulan
Setelah menyusui, selalu usahakan untuk mendekap bayi di dada sebelah kiri. Pada dada kiri ibu terletak jantung, hingga anak merasakan detak jantung ibunya, sebagai stimulant rasa sayang dan ikatan bathin dan kasih sayang. Sebenarnya tata cara atau perawatan bayi dalam islam tidak terlalu mengikat yang paling utama adalah mengenalkan Allah S.W.T  pada mereka sejak dini.

Pada saat perawatan tali pusat bayi tetap tenang dan pastinya harus berhati-hati agar tidak sampai terinfeksi oleh kuman, karena dapat menyebabkann demam pada bayi akibat hal ini, Setidaknya memerlukan waktu 5 hari, seminggu atau dua minggu tapi umumnya akan puput atau lepas

Untuk tata cara memandikan bayi seperti biasa, gosok perlahan tali pusat dengan sabun keringkan pelan-pelan dan bersihkan dengan alkohol 70%. Dan biarkan terbuka tanpa dibungkus kasa. Kecuali tali pusat ini infeksi. Perhatikan juga BAB bayi, Hal normal bila menyusu air susu ibu bisa sang bayi melakukan BAB sampai 12-15 kali dalam sehari.

Dalam islam ada beberapa kewajiban pertama yang harus dilakukan ketika sang bayi terlahir di antaranya :

1. Azan
Hal ini adalah satu kewajiban yang mesti dilakukan oleh sang ayah atau mungkin bisa di wakili oleh orang lain apa bila sang aya sedang tidak ada atau memang sudah tidak ada lagi, mengapa azan karena islam mewajibkan hal pertama yang di dengar oleh bayi ketika baru terlahir adalah suara azan, agar kelak ia bisa terus mengingat Allah SWT


2. Memberi nama
Sunah nabi muhammad saw adalah memberi anak dengan nama-nama yang baik. Bila lelaki disarankan untuk menggunakan nama Muhammad di awalnya, ataupun boleh memakai nama-nama Allah SWT Sesuai asmaul husna namun dengan mencamtumkan abdul atau abdullah didepannya.

3.Mencukur rambut bayi
Adalah bagian dari urutan kegiatan aqiqah setelah mencukur, kemudian rambut ditimbang dan dibalancekan dengan harga emas sesuai dengan berat timbangan rambut cukuran tadi,yang kemudian uang dari harga emas tersebut di sedekahkan kepada fakir miskin.

4. Melakukan aqiqah
Islam mengajarkan untuk melakukan aqiqah pada bayi yang baru lahir sebagai perwujudan rasa syukur manusia atas pemberian anugerah dari Allah S.W.T berupa seorang anak tersebut.

Aqiqah dan mencukur di lakukan lebih cepat lebih baik namun bila anda belum ada rezeki maka lakukanlah dalam kelipatan 9,sejak hari kelahiran bayi, itulah beberapa Cara merawat bayi baru lahir menurut islam, semoga berkah dan bermanfaat

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara merawat bayi baru lahir menurut islam

0 comments:

Post a Comment